10/31/12

Yang Modern Yang Berbudaya "Melek Budaya-Digital Untuk Startup Bisnis Modern"

Membahas masalah dunia digital memang gak ada habisnya. Begitu juga dengan perkembangan dunia digital saat ini. Tapi meskipun demikian, ternyata masih banyak juga orang yang masih “jijai” dengan dunia digital. Mereka menganggap dunia digital hanyalah sebuah dunia fana yang penuh dengan gombalan-gombalan ketidakpastian. Dan lebih parahnya lagi, dunia digital dianggap sebagai dunia yang sulit untuk bersosialisasi, dunia yang sulit untuk dipahami dan dipelajari. Mau tahu siapa “mereka-mereka” itu? Mereka adalah ibu dan nenek ane sob. Hahaha.

    Di era iklim ekonomi digital seperti ini, memang dunia digital gak bisa lepas begitu saja pengaruhnya. Bayangkan saja jika gak ada dunia digital, gak bakalan ada yang namanya IDX, wallstreet bakalan kenak gempa, Nikkei bakalan kena tsunami, dan dow jones bakalan longsor. Apalagi bisnis-bisnis yang lagi ngetren, saat ini seperti forex lah, MLM, dan lain sebagainya juga sudah berbasis digital. Sekarang pilihan sobat semua, mau digital apa digital banget. Membicarakan masalah ekonomi dan bisnis nih perlu juga sobat ketahui kalau saat ini masuk ke era entrepreneur kalau bahasa Indonesianya sih wirausaha.  Nah di era wirausaha ini kita dituntut untuk tidak lagi mensetting otak kita dengan mindset mencari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja. 

Nah lo, lalu dimana letak peran dunia digitalnya ?
    Tahu situs-situs berikut kan? http://www.tokotasonline.net/,http://www.bon-bin.com, http://www.tokomainanonline.com. Kalau lihat sekilas pasti sobat semua udah tau apa sih isi link-link ini. Inilah bentuk baru wirausaha saat ini sob, menciptakan lapangan kerja sendiri. Inilah bukti nyata peran dunia digital dalam usaha atau bisnis kita sob. Yang dulunya konsumen hanya terbatas pada tetangga sekitar atau masyarakat sekitar kota sebagai konsumennya, sekarang bisa dari mana-mana. Entah itu luar pulau, dalam pulau, bahkan luar negeri. Yang lebih hebat lagi nih, gak perlu bongkar pasang lapak tiap hari sob, cukup modal kamera, modem, dan laptop. Udah deh jadi lapak kita.

 
Sebelumnya tips ini ane bagi jadi 3 elemen sob. Dimana elemen-elemen ini satu sama lain saling bersinergi. So, buat sobat semua mulai sekarang harus bisa menyinergikan tips ane ini satu persatu.



Nah jika sudah tahu apa saja yang akan kita kupas, langsung aja ikuti yang pertama.

1.  InPow (Internal Power)
Apa yang sobat pikirkan ketika melihat gambar di atas ?

Bingung ? Bingung ? Bingung ?
Pelajaran berharga ini sob sebenarnya ajaran jawa kuno. Kalau boleh bilang sih ini sebenarnya merupakan empat sifat tokoh pewayangan yang sangat tidak asing di telinga kita. Empat punakawan pewayangan ini adalah semar, gareng, petruk, dan bagong. Kenapa saya mengambil keempat sifat tokoh pewayangan ini untuk diterapakan dalam dunia bisnis ? karena menurut saya inilah sifat-sifat yang pada hakikatnya dimiliki sejak lahir. Menurut ajaran jawa inilah unsur terbesar dalam diri manusia yang memiliki kekuatan yang super besar. Saya disini ingin menggabungkan kekuatan kearifan budaya jawa dengan dunia digital yang sebaliknya disatu sisi menggerus budaya. Dari sinilah nanti lahir sebuah sinergi budaya-digital yang penuh kearifan dan kemajuan teknologi. Serta membangkitkan suatu sistim ekonomi bisnis yang berbudaya. Oke gak usah panjang lebar langsung saja kita telaah satu persatu hubungan antara wayang dan dunia bisnis yang melek digital ini.

* Cipta
        Digambarkan oleh tokoh bernama Semar. Kuncung putih yang ada di kepala semar menggambarkan kreatifitas, ide, dan gagasan yang tidak lain merupakan simbol dari pikiran atau cipta. Dimana dari pikiran inilah muncul ide, gagasan, dan kreatifitas. Pikiran ini tentu saja menjadi modal bagi seorang pebisnis. Dari pikiranlah ide bisnis ini muncul. Apalagi ditambah dengan tuntutan untuk melek digital maka akan semakin memacu rasa cipta kita untuk memunculkan sesuatu baik itu ide, gagasan, kreatifitas ataupun yang lainnya.
          Pikiran ini akan menuntun sobat semua kejalur bisnis yang tepat. Misalnya saja bisnis yang sobat minati dibidang kuliner tetapi mindset pikiran sobat lebih prefer ke bisnis fashion maka secara otomatis sobat akan mengalami kesulitan ketika sobat mencoba menggabungkan bisnis kuliner yang hanya coba-coba dengan bisnis fashion yang memang itu bidang sobat. Inilah power kita, secara tidak langsung dan mungkin belum kita ketahui pikiran kita ini sudah tahu kemana seharusnya kita pergi. Maka dari itu teruslah gali ide-ide yang ada dipikiran sobat semua maka akan tercipta mind power yang dahsyat dari pikiran sobat. Dan selau ingat untuk berpikiran positif. Berbisnislah dengan cara yang fair meskipun di dunia digital sering kali terjadi banyak kecurangan bisnis tapi yakinilah bahwa berbisnis positif itu akan membawa berkah.

* Rasa

        Merupakan sebuah sifat yang dimiliki oleh tokoh Gareng. Dengan perawakan yang kero, bertangan cekot dan berkaki pincang menggambarkan suatu kekhasan tersendiri dalam dunia bisnis. Misalnya mata kero yang selalu wasapada, dalam dunia bisnis memang dibutuhkan kewasapadaan sob misalnya saja dari iklim pasar yang kurang menentu dan persaingan yang ada di dalamnya. Maka sobat harus benar-benar tahu bagaimana menage bisnis sobat. Usahakan jangan terlalu serakah ketika kesempatan bisnis tapi kita belum tahu resikonya. Telitilah dengan jeli baru mulai apa yang seharusnya sobat lakukan. Tangan cekot yang menyimbolkan ketelitian. Telitilah pembukuan bisnis sobat, buat manajemen yang matang. Gak masalah meskipun sobat harus meniru metode pembukuan milik tetangga atau siapa yang penting hasil jirih payah ini pada akhirnya juga miliki sobat sendiri. Mau rugi atau untung itu tergantung ketelitian Anda sob.  Yang terakhir adalah kaki pincang yang menyimbolkan kehati-hatian
        Dalam berbisnis haruslah berhati-hati baik itu dalam menjalin mitra kerja maupun dalam melayani konsumen sob. Jika sobat berbisnis secara digital maka buatlah sistim yang saling menguntungkan antara sobat dan konsumen. Misalnya jika pembayaran melalui rekening mintalah pada konsumen untuk mengirim resi atau bisa juga mengirim kode transaksi. Dan sebaliknya sobat juga harus memberikan kepercayaan kepada konsumen. Misalnya menyediakan layanan status pengiriman barang di website atau blog sobat. Dan yang paling penting adalah berhati-hati terhadap nafsu yang sobat miliki. Jangan mengandalkan nafsu serakah saat berbisnis, karena kecerobohan akan menimbulkan malapetaka. Satu lagi makna dari rasa ini sob. Dunia bisnis entah itu yang melek digital atau apapun haruslah mempertimbangakan prinsip wellfare sob jangan jalankan bisnis sobat hanya untuk profit oriented, pertimbangkan juga keadilan untuk sesama.

* Karsa

       Simbol yang dibawa Petruk melambangkan kehendak, keinginan, dan karsa. Hal ini digambarkan oleh kedua tangan petruk yang menggambarkan sebuah kerjasama yang harmonis. Dengan tangan depan menelunjuk, menunjukkan inilah memang jalan yang dipilih dan tangan belakang yang menggenggam menunjukkan keseriusan dan menggenggam erat dengan apa yang telah dipilih.
      Cara seperti inilah yang harus diterapkan sobat semua. Memilih atas apa yang menjadi keyakinan dan menjalankannya dengan kesungguhan. Jika sobat sudah berani memilih untuk melek digital untuk startup business maka teladani sosok petruk ini. Berani memilih dan berani menjalankan apa yang dipilih.

* Karya

       Yang terakhir dari empat punakawan ini adalah Bagong. Jangan dikira bagong ini simbol dari keserakahan karena tubhnya yang besar. Tapi lihatlah makna yang sebenarnya dari tokoh pewayangan yang satu ini. perhatikan posisi kedua tangan bagong yang terbuka. Tahukah sobat apa maknanya ? Posisi tangan ini menggambarkan kemauan untuk bekerja keras, siap melakukan apapun tanggung jawab dan beban yang diembannya. Inilah salah satu kunci dalam menjalankan bisnis yang sobat akan jalankan, selalu beekerja keras. Bekerja keras lah dan lihat bahwa batu yang sobat bawa hanyalah sebuah kapas yang ringan. Rubahlah sesuatu yang berat bagi sobat dalam menjalankan bisnis sebagai sebuah kebiasaan. Pernahkah sobat mendengar tentang cara merbubah sesuatu yang berat menjadi sebuah kebiasaan yang ringan? Iya betul sekali. Lakukan hal yang sobat anggap sulit itu 21 hari berturut-turut dan semuanya akan menjadi sebuah kebiasaan dan bukan lagi beban.

      Empat sifat punakawan tadi tergabung dalam sebuah kalimat jawa sob, “Manunggaling Cipta, Rasa, Karsa, lan Karya”. Yang di maksud dengan “manunggal” disini adalah kesatuan dimana keempat elemen ini tidak dapat dipisah dalam diri manusia. Inilah kekuatan terbesar alami manusia sob. Bukan hanya bermanfaat bagi kehidupan tapi juga dalam berbisnis.

2. Tool Kit
            Memulai bisnis butuh usaha sob. Nah salah satu usahanya adalah baca ini semua saran dan opini ane sob. Kalu tadi kita bahasa istilahanya kulit luarnya aja, sekarang kita bahas dagingnya sob. Yang dibutuhkan disini adalah Tool kit yang kita gunakan untuk bisnis digital. Karena tema pembahasan kali ini adalah “Melek Digital Untuk Startup Bisnis” maka satu hal yang paling penting dan paling vital adalah “Koneksi Internet”. Pilih koneksi internet yang cepet tapi murah sob. Untung aja ada internet untuk rakyat, langsung aja cek tarif dan fitur-fitur lainnya dijamin puas hanya di http://www.axisworld.co.id. Ini nih udah ane list tool yang wajib sobat miliki untuk terjun ke bisnis berbasis digital sob.

* Blog atau Website
            Ini nih media komunikasi digital yang wajib dimiliki para start up business yang melek digital. Media ini sebagai laman resmi untuk lapak sobat mampangin produk-produk yang mau sobat jual. Nah ada point penting yang perlu diperhatikan untuk bikin blog atau website sendiri sob :
    • Bikin interface yang semenarik mungkin, buatlah yang full color, dinamis, user friendly, dan gak ribet kalau ada konsumen yang ingin lihat-lihat barang. Template blogger yang gratisan  banyak sob, cari yang bagus dan edit aja sesuaikan sama imajinasi sobat-sobat semua. Bukan hanya blogger, sobat semua bisa manfaatin yang lainya seperti joomla, wordpress, dan masih banyak yang lainya.

    • Jangan terlalu banyak pasang iklan seperti kumpul blogger, adsense, dsb. Boleh sih dipasang, tapi jangan maksain pasang di tempat-tempat yang seharusnya tempat itu bisa menjual. Misalnya di bagian paling atas atau di kiri kanan side bar. Pasang aja di bagian bawah sebagai aksesories untuk menambah cantik site sobat. Dan yang paling krusial adalah hindari iklaniklan yang berbau SARA. Jangan sampek dah itu terpampang di lapak-lapak sobat. Risi jadinya kalau ada customer mau belanja di lapak sobat.
    • Jangan ribetin customer yang mau beli. Istilahnya kalau beli bikin aja maksimal 3x klik. Gak usah pasang yang namanya link iklan atau apalah itu. Bikin customer jengkel kalau butuh waktu lama.
    • Isi selalu site sobat dengan informasi terbaru yang berhubungan dengan produk sobat semua. Misalnya, jika produknya makanan ya cari dah berita tentang manfaat yang tentunya informasi tersebut valid. Lebih keren lagi kalau misalnya infonya berdasarkan jurnal ilmiah. Pasti mantap tuh. Berikan juga info-info yang bermanfaat seperti motivasi, humor, dan lainya. Intinya jangan pelit informasi lah.
    • Dari banyak lapak online yang sering ane temui, kelihatanya mereka itu kurang komunikasi. Meskipun kita mampang nomor hp, fb, twitter tapi kita wajib jaga komunikasi di blog tersebut. Biarkan site sobat ini hidup dan jangan samapi mati. Balas setiap comment yang masuk di site sobat jangan Cuma di jadiin aksesories aja.
    * Foto
    Kualitas produk sobat tercermin disini jika sobat menjalankan bisnis berbasis digital. Saran dari ane sih simpel gan :
    Ini foto direction tim ane saat ada "Sales Competition".
      Cukup mampu menarik pembeli juga kok.
    • Point yang pertama, photo direction menentukan segalanya. Ambil angel yang jelas dari produk sobat. Meskipun tidak menggunakan kamera DSLR, maksimalkan penggunaan kamera digital atau kamera HP sobat. Cari tau trik-trik mengambil gambar yang bagus dari perangkat yang minim itu.
    • Pakailah foto nyata dari anda sendiri. Bagi yang suka jualan baju, gak masalah ngambil dari katalog di internet. Tapi buat sobat yang jualan makanan atau aksesories, usahakan ngambil gambar sendiri. Biar kesan life is more interesting itu ada.
    • Contoh aja foto direction yang dari internet, yang kreatif dan menarik. Jangan foto nya tapi gaya fotonya ya..!!
      Contoh Foto Direction dari
      Tim kompetisi ane dulu sob.


    • Sediakan katalog produk. Gak semua orang betah lama-lama di depan layar. Maka dari itu sediakan alternatif pemasaran untuk mengatasi hal tersebut. Cobalah menyediakan katalog produk dalam bentuk pdf.
      Contoh Katalog PDF.
    * Media Komunikasi
    Sediakan selalu CP sobat yang jelas. Nomer HP, facebook, twitter menjadi media komunikasi wajib sobat dalam berkomunikasi dengan konsumen. Selalu balas dengan sabar apapun pertanyaan dari konsumen. Meskipun hanya sekedar tanya-tanya tetap jawab dengan lapang dada. Karena kepuasan pelanggan adalah segala-galanya dalam dunia bisnis.

     3. BMC (Bisnis Model Canvas)
             Menginjak ke sesi yang terakhir, disini saya lebih menekankan benar-benar ke dalam dunia bisnisnya sob. Bukan analisis SWOT yang saya pakai disini. Karena saya rasa analisis tersebut kurang komplek. Saya akan menerapkan “Business Model Canvas”. Apa itu "Business Model Canvas” ? model bisnis ini merupakan model bisnis yang sudah banyak di terapakan di berbagai perusahaan dan terbukti sukses. Sekarang anggaplah sobat semua merupakan calon pemimpin perusaan masa depan yang sukses (Aamiin). Maka disini saya akan berusaha membiasakan diri saya dan sobat untuk memakai model bisnis ini dan menyesuaikan dengan kondisi startup bisnis dari sobat semua tentunya tetap berpacu pada bisnis digital. Business Model Canvas (BMC) dikembangkan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur. Konsep model bisnis ini berhasil mengubah konsep model bisnis yang awalnya “njlimet” menjadi lebih sederhana. Dengan ilustrasi sebuah kanvas, model bisnis di imajinasikan sebagai sebuah kanvas gambar, berisi sembilan elemen (kotak) peta. Dengan tampilan kotak yang sederhana ini dapat mendorong inovasi-inovasi baru muncul dari setiap elemen yang bekerja. So, langsung aja kita ulas satu per satu sekaligus penerapannya dalam “Melek Digital Untuk Startup Business”.

    Pembagian 9 element kunci bisnis.

    1 > Customer Segment
           Perlu diperhatikan ketika menetukan bisnis yang akan kita jalankan yaitu konsumen. Secara umum dalam memulai bisnis kita harus menentukan konsumen mana yang harus ditinggalkan dan konsumen mana yang akan kita jadikan sebagai penggerak bisnis kita. Karena kita tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Sedikit saran dari saya ketika sobat memulai bisnis digital ini, sobat harus mengerti dimana bidang bisnis yang akan sobat geluti.
           Misalnya sobat lebih tertarik untuk berbisnis di bidang makanan, nah karena disini kita menggunakan media digital tentunya kita harus mampu meyakinkan pelanggan bawasannya produk ini benar-benar sesuai dengan lidah konsumen. Salah satu caranya adalah sertakan video ataupun buatlah sebuah survey kecil untuk membuktikan bahwa produk ini bisa diterima konsumen yang notabene jauh dari tempat produsen.
        Selanjutnya manfaatkan toolkit yang sobat miliki seperti facebook dan twitter. Gandenglah teman-teman sedaerah sobat yang tinggal di tempat jauh. Karena teman-teman sekampung sobat ini seolah-olah menjadi free sales bagi produk sobat. Buatlah mereka terkesan sehingga mereka mau membeli produk sobat. Mungkin saja teman sobat itu akan memberikannya kepada teman asli daerah itu. Saya yakin bahwa hasil akhirnya produk sobat akan mampu diterima di semua segmenatsi pasar.

    2 > Value Propositions

    “Apa yang membuat produk di lapak sobat berbeda?” 

    Resapi pertanyaan ini betul-betul sob. Gak jadi masalah seandainya sobat memodifikasi produk yang sobat jual. Misalkan sobat di bisnis bidang fashion, coba untuk berpikir kreatif. Seperti mengemas produk sobat tidak dalam wadah plastik, bisa sobat kreasi dengan mengemasnya dalam sebuah kotak yang cantik. Di satu sisi sobat konsumen akan lebih tertarik dengan produk sobat, dan bagi sobat inilah nilai plus dari produk sobat. Gak butuh biaya besar kok untuk membuat produk sobat menjadi lebih beda. yang penting bangkitkan Internal Power sobat semua.

    3 > Customer Relationship

           Media komunikasi sudah sobat lengkapi pada elemen tool kit tadi. Sekarang tinggal pengelolaan media tersebut. ketika usaha sobat ini belum terlalu eksis, ada beberapa cara untuk membuatnya lebih dikenal publik. Contohnya, adakan kontes review dari site sobat. Gak usah yang muluk-muluk hadiahya, seperti voucher hosting, pulsa, dan sebagainya. Buatlah suatu peraturan bagi peserta untuk me-“like” page lapak sobat dan menshare site, facebook, twitter sobat ke teman-teman peserta. Dengan begini bisnis sobat akan lebih dikenal.
          Hubungan dengan pelanggan juga harus dijaga, cobalah tanya ke pelanggan soal barang yang dibeli. Apakah ada keluhan atau cacat pada saat pengiriman. Bisa juga sobat melakukan survey layanan dari bisnis sobat. Usahakan survey ini melalui telefon karena komunikasi dengan cara ini akan membuat konsumen merasa lebih dihargai dan berharga. Buatlah survey kecil-kecilan terkait kepuasan dan produk sobat. Kalau sobat terganjal masalah dana untuk telefon, tenang aja ada operator super murah yang nyediain bonus gede kok. Apalagi kalo bukan Axis, si GSM yang baik. Bonus melimpah dan gak akan bikin bokek ketika sobat menjalankan customer relationship ini.

    4 > Channels
    Ingat teman, pacar,kenalan, dan keluarga adalah free sales sobat. Berdayakan channel ini untuk mensukseskan bisnis sobat.

    5 > Revenue Stream
    Ada 2 opsi, untung besar sedikit pelanggan, untung cukup pelanggan banyak ? Mana yang sobat pilih, kalau menurut ilmu ekonomi yang saya pelajari saya lebih memilih untung cukup pelanggan banyak. Alasannya adalah untung besar tak menjamin pelanggan akan kembali ke lapak kita karena barang substitusi masih banyak. Maka dari itu, perlunya sobat melihat potensi pasar dan juga menahan nafsu. Meskipun banyak lapak yang majang produk sama dan dengan harga yang tinggi, tetaplah pada pendirian sobat untuk menahan nafsu keserakahan.







    6 > Key Resources
    Sobat sebagai owner dan juga karyawan adalah sumber daya utama. Pemasok barang dagangan sobat juga termasuk key resources. Selalu jaga hubungan ini karena inilah sinergi bisnis. Gak akan bisa sobat jalankan sendiri, selalu jalin silaturahminya sob, jangan sampai hubungan harmonis dalam bisnis ini ruak hanya gara-gara komunikasi.



    7 > Key Activities

    Fokus pada aktivitas bisnis sobat dan gambar diatas merupakan fokus aktivotas sobat yang saya sarankan.

    8 > Key Partnership
    Inilah aktivitas kerjasama yang saya simpulkan bagi bisnid digital. fokus kerjasama dengan supplier yang serius akan menguntungkan sobat pada sisi pasokan. Mungkin saja jika kerja sama ini serius maka biasanya sobat tidak perlu mengeluarkan modal dulu untuk menambah stok barang. Mungkin dari kerjasama ini akan tumbuh saling kepercayaan antara owner dan supplier. Kerjasama dengan buyer bisa juga terjadi misalnya sobat menawari buyer untuk menjadi partner bisnis seperti sistim franchise, MLM, atau bisa juga sobat menjadi suppliernya.

    9 > Cost Structure

    “Butuh dana cepat ?”

    Inilah kata-kata yang menggoda bagi setiap pebisnis, apalagi bagi startup business. Jangan terpancing dengan pinjaman modal sob, hidup dikejar utang itu gak nyaman. Walaupun sobat terpaksa meminjam modal tips dari ane sih jangan sampai modal yang sobat pinjam itu lebih besar dari modal yang berasal dari sobat sendiri. Selanjutnya yaitu selalu catat apapun transaksi yang terjadi, baik itu pembelian, penjualan, ataupun kalau ada barang kembali atau cacat. Akuntabilitas sangat perlu untuk memulai bisnis. Ingat Internal Power yang kita pelajari di atas, ingatlah tokoh gareng yang selalu waspada dan penuh ketelitian. Meskipun usaha belum besar tapi inilah kuncinya baik untuk diri sobat sendiri ataupun untuk konsumen dan partner sobat.

     Tidak terasa sudah 2933 kata yang ane rangkai buat sobat dalam menyeimbangkan dunia digital, ajaran budaya, dan strategi bisnis modern sob. Amalkan 9 Point BMC sob Insya Allah bisnis sobat lancar. Hehehe. Ingat selalu sinergi membangun dari 3 element tersebut sob. Inilah saatnya “Melek Budaya-Digital Untuk Startup Bisnis Modern”- Yang Modern Yang Berbudaya


    Warning !
    Tulisan ini di dedikasikan untuk Orang Tua saya dan untuk blogger yang ingin startup bisnis di dunia digital.
    Selain itu karena mengikuti kompetisi blog AXIS.









    12 comments:

    1. Halo, aku MRS OLIVIA PHILLIPS
      Anda memiliki pinjaman mendesak?
      Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
      Membeli rumah atau mobil?
      Untuk membayar pinjaman utang?
      "Pinjaman Investasi" penawaran
      Anda tidak memiliki kesulitan keuangan?
      Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
      Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
      kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
      Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
      Dalam 24 jam.
      .
      Hubungi: Oliviaphillipsloancompany@gmail.com

      Terima kasih telah memilih kami.

      ReplyDelete
    2. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

      Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: Lucysmithloanfirm@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

      ReplyDelete
    3. Apakah Anda mencari pinjaman sangat asli? Kabar baiknya adalah di sini! ! ! Kita
      Penawaran pinjaman mulai dari $ 5, 000.00 sampai $ 30, 000, 000.00 kepentingan
      tingkat 2% per tahun. Pinjaman untuk pengembangan bisnis disertifikasi,
      efisien, cepat dan kontak dinamis diandalkan, terpercaya, kami melalui
      email: CHAVEZFIRM@GMAIL.COM
      Terima kasih,
      chavez

      ReplyDelete
    4. Kami selalu senang membantu orang-orang dengan masalah keuangan dan mereka
      yang ingin memulai bisnis Kami bersedia dan siap membantu Anda dengan
      pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda dan menjadi stabil
      secara finansial dalam kehidupan. Jika Anda siap untuk mendapatkan pinjaman
      dari kami hubungi kami.

      Firm - Arab Credit Group
      Email-Arabcreditgroup@gmail.com

      ReplyDelete
    5. “Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


      Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
      E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
      BBM INVITES: {DDA46523}


      Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

      E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
      BBM INVITES: {DDA46523}

      ReplyDelete
    6. Assalamualaikum


      Calls Only::::{+12542276869}
      WhatsApp Only::::{+33753893351}
      Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
      {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

      Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

      ReplyDelete
    7. HOW I GOT MY EX HUSBAND BACK WITH THE HELP OF REAL AND EFFECTIVE SPELL FROM DR Osasu My name is Olivia Jayden, I never thought I will smile again, My husband left me with two kids for one year, All effort to bring him back failed I thought I'm not going to see him again not until I met a lady called Jesse who told me about a spell caster called Dr. Osasu , She gave me his email address and mobile number and I contacted him and he assured me that within 48hours my husband will come back to me, In less than 48hours my husband came back started begging for forgiveness saying it is the devils work, so I'm still surprise till now about this miracle,i couldn't conceive but as soon as the spell was cast,i became pregnant and gave birth to my third child,if you need any assistance from him you can contact him via:email: drosasu25@gmail.com Or WhatsApp or call him now: +2347064365391
      .
      Dr.Osasu also cures:
      1. HIV / AIDS
      2. HERPES 1/2
      3. CANCER
      4. ALS (Lou Gehrig’s disease)
      5. Hepatitis B​

      ReplyDelete
    8. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

      Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

      Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

       Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

      ReplyDelete
    9. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

      Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

      Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

      ReplyDelete
    10. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

      Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

      Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

      Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

      Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

      Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

      Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

      ReplyDelete
    11. Saya sangat gembira karena doa saya akhirnya terkabul, selalu ingin mantan suami saya kembali karena saya ingin keluarga saya bahagia, sampai saya bertemu Dr Ayo yang memecahkan masalah saya untuk saya, dan saya membagikan kesaksian ini karena saya percaya mereka adalah orang-orang di luar sana yang membutuhkan solusi untuk masalah seperti ini. Ketika mantan suami saya meninggalkan saya, saya sangat hancur dan saya selalu ingin kembali dan sampai pada suatu periode saya tidak lagi menginginkannya kembali. Setelah 6 tahun, putra pertama saya berusia 9 tahun, dia pulang dari sekolah dan mengatakan dia merindukan ayahnya dan semua cinta yang dia tunjukkan ketika dia berada di sekitarnya. Perasaan itu mengalir melalui saya seperti ketegangan emosional dan saya memiliki dorongan besar untuk memilikinya kembali. Apa yang terjadi pada kami bahwa kami berpisah adalah apa yang saya tidak bisa memikirkan apa yang memulai pertarungan. Saya menghubungi DR. Ayo online setelah membaca tentang dia tentang bagaimana dia telah membantu orang lain dengan masalah mereka dan saya menghubungi dia dan saya dapat berbicara dengannya. Saya senang dan sangat gembira bahwa setelah 6 tahun, yang saya inginkan hanyalah menyatukan kembali keluarga saya dan membuat hidup saya utuh kembali. Terima kasih Tuhan untuk kastor mantra ini dan saya ingin semua orang bertemu dengannya di emailnya drayo47373@gmail.com ....Dia 100% NYATA. ATAU WhatsApp dia sekarang +2347055691377

      ReplyDelete

    Disqus for Economic Watcher